Hubungan Personal Higiene dengan Kejadian Infeksi Cacing Soil Transmitted Helminth pada Petani di Desa Besuk Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Tahun 2018

  • Reny Nugraheni Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri
  • Siska Kusuma Wardani
  • M. Imun
Keywords: Personal higien, infeksi cacing Soil Transmitted Helminth

Abstract

 Infeksi kecacingan yang disebabkan oleh Soil Transmitted Helminth (STH) merupakan masalah kesehatan masyarakat Indonesia. Dalam melakukan pekerjaannya petani  seringkali tidak memakai alas kaki dan tanpa menggunakan sarung tangan.   Keadaan yang seperti itu dapat mempermudah timbulnya kecacingan pada petani.

Mengetahui hubungan antara personal higiene dengan kejadian infeksi ‘Soil Transmitted Helminth’ pada petani di Desa Besuk Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri”

Jenis penelitian yang di gunakan adalah metode survei analitik menggunakan pendekatan cross sectional pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara mendalam.

Berdasarkan wawancara dan observasi langsung yang dilakukan di desa Besuk, bahwa Personal Higiene Petani Desa Besuk adalah tidak baik sebanyak 58 responden (96,67%), dan petani yang positif  terinfeksi sebanyak 57 responden (95%). Hasil uji Fisher menunjukkan P=0,002 (P<0,05), artinya ada hubungan antara personal higiene dengan infeksi cacing Soil Transmitted Helmint.

Sehingga penting bagi petani untuk menjaga personal higiene terutama setelah bekerja dan sebelum makan dengan cara mencuci tangan dan kaki.

References

Irianto, K. (2013). Parasitologi Medis. Bandung: Alfabeta.

Kuntoro, H. (2010). Metode Sampling dan Penentuan Besar Sampel. Surabaya: Penerbit Pustaka Melati Surabaya.

Kepmenkes RI. (2006). Pedoman Pengendalian Cacingan Nomor 424/MENKES/SK/VI/2006. Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Kumoro, A. (2014). Parasitologi Praktikum Analis Kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Kurniawan, A. (2010). Infeksi Parasit: Dulu dan Masa Kini. Majalah Kedokteran Indonesia.

Notoatmodjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rawina, W. Mulyati, A. (2012). Hubungan Sanitasi Diri dengan Kejadian Kecacingan pada Siswa SDN X Paseban Jakarta Pusat. Departemen Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia: Jakarta.

World Health Organization. (2012). Soil transmitted helminthiases, eliminating soil transmitted helminthiases.

Widoyono, (Ed). (2011). Penyakit Tropis Epidemologi, Penularan, Pencegahan dan Pemberantasannya Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

Zulkoni, A. (2011). “Parasitologi untuk Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, dan Teknik Lingkungan”. Yogyakarta: Nuha Medika.
Published
2018-11-06
How to Cite
Nugraheni, R., Wardani, S., & Imun, M. (2018). Hubungan Personal Higiene dengan Kejadian Infeksi Cacing Soil Transmitted Helminth pada Petani di Desa Besuk Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Tahun 2018. STRADA JURNAL ILMIAH KESEHATAN, 7(2), 52-56. https://doi.org/10.30994/sjik.v7i2.167